Cara Membuka Akun Bank Khusus Pelajar di UK, Simak Yuk!

Maret 24, 2020 by Author Transfez
transfer uang Indonesia UK

Buat Anda yang tengah menempuh pendidikan di UK, membuat rekening khusus pelajar menjadi hal utama yang perlu dilakukan setibanya Anda di sana. Mengapa?

Pertama, menyimpan uang dalam jumlah besar secara tunai cukup merepotkan dan bisa membahayakan diri, apalagi bila Anda belum punya tempat tinggal yang tetap. Kedua, membuka akun bank setempat bisa mempermudah urusan transaksi non-tunai mulai dari belanja sampai membayar biaya pendidikan.

Sebagai panduan, berikut cara membuka akun bank di UK yang bisa Anda cermati. Mulai dari rekomendasi bank terbaik hingga saat nanti melakukan transfer uang Indonesia UK.

  • Cari Tahu Rekomendasi Bank UK Terbaik
transfer uang Indonesia UK
Monzo Bank

Penting bagi Anda untuk tahu bank UK mana saja yang menyediakan servis terbaik. Bagi Anda yang memerlukan rekomendasi, Monzo Bank bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bila sebagian besar bank di UK hanya memperbolehkan pembukaan akun dilakukan ketika Anda tiba di UK, dengan menggunakan Monzo Bank Anda bisa mengurus pembuatan akun sebelum keberangkatan. 

Bukan hanya itu, Monzo Bank juga memberi kemudahan dalam pembukaan akun sekalipun Anda belum memiliki lokasi tempat tinggal permanen selama di UK. Untuk pengiriman kartu ATM, Anda bisa menulis alamat teman atau kerabat yang ada di UK sebagai lokasi pengiriman.

Selain Monzo Bank, Anda disarankan membuka akun pelajar internasional di Barclays. Keuntungan menggunakan bank ini adalah Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Rekomendasi bank selanjutnya adalah Santander Bank. Kelebihan dari bank satu ini adalah tidak ada biaya tambahan apabila Anda menerima transfer uang Indonesia UK.

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan
transfer uang Indonesia UK
Dokumen yang diperlukan

Setelah menemukan bank yang sesuai, kini giliran Anda menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti:

  • Paspor
  • Visa yang masih berlaku
  • Dokumen yang bisa membuktikan lokasi tempat tinggal Anda selama di UK
  • Dokumen lain yang bisa membuktikan bahwa Anda adalah pelajar. Anda bisa meminta surat pengantar dari kampus yang menerangkan bahwa Anda telah terdaftar sebagai mahasiswa di universitas tersebut atau surat keterangan dari UCAS

Setelah berkas yang diperlukan lengkap, Anda bisa datang ke cabang bank terdekat untuk menyerahkan dokumen tersebut.

Bisakah pembukaan akun dilakukan sebelum keberangkatan?

Bila Anda menggunakan Monzo Bank, pembukaan akun dapat dilakukan sebelum Anda tiba di UK. Adapun persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • Paspor
  • SIM
  • KTP
  • Alamat kerabat atau penginapan tempat Anda tinggal untuk sementara guna pengiriman kartu ATM

Setelah persyaratan lengkap, silakan lakukan registasi lewat aplikasi Monzo Bank yang bisa diunduh di Google Play atau Apple Store.

  • Cari Tahu Biaya yang Dikenakan Saat Menerima Uang dari Indonesia
transfer uang Indonesia UK
ilustrasi penerimaan dana

Sebagai perantau di negara asing, keluarga atau kerabat di tanah air biasanya merasa khawatir tentang kondisi keuangan Anda selama di UK. Tak jarang, mereka akan mengirimkan sejumlah uang sebagai tambahan biaya hidup di sana.

Selain mengenakan biaya tambahan pada pengirim dana, beberapa bank di UK juga mengenakan biaya tambahan bagi pihak penerima uang. Misalnya bank TSB bank yang memberlakukan tarif sekitar 2 Pound (Rp36.180) untuk penarikan uang hingga 100 Pound. Di atas itu akan dikenakan biaya tambahan sebesar 7 Pound. Namun, ada juga bank yang tidak memberlakukan biaya tambahan penarikan uang.

Itu tadi beberapa langkah membuka akun bank khusus pelajar di UK yang bisa Anda cermati. Untuk keluarga atau orang tua yang ingin melakukan transfer uang Indonesia UK, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan Transfez, aplikasi remittance tepercaya yang praktis, murah, dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia.

Mengapa Transfez bisa menjadi pilihan terbaik? Karena dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengiriman uang secara online sehingga tidak perlu repot mengantre. Yang lebih menarik, biaya transfer yang dikenakan sangat rendah dibandingkan dengan bank,  bahkan bisa hemat biaya pengiriman sampai 91%.

Yuk, unduh aplikasi Transfez untuk kemudahan pengiriman uang ke luar negeri sekarang juga!