Cara Mudah Membuka Akun Bank untuk Pelajar di Jerman

Januari 13, 2020 by Author Transfez

Salah satu kendala keuangan yang sering dialami pelajar di luar negeri adalah sulitnya menerima dana dari tanah air karena tidak memiliki akun bank lokal. Nah, jika Anda termasuk mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di negara asing seperti Jerman, tidak ada salahnya untuk membuka rekening di bank lokal untuk memudahkan proses transfer uang dari Indonesia ke Jerman.

Ada beberapa pilihan bank lokal yang bisa dipilih para pelajar, di antaranya Sparkasse Bank, Commerzbank, Comdirect, dan Norisbank. Semua bank tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Tetapi pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di Jerman biasanya memilih Commerzbank atau Comdirect.

Pasalnya, kedua bank tersebut memiliki banyak ATM yang tersebar di seluruh penjuru Jerman. Selain itu, biaya administrasi bulanan yang diberlakukan juga cukup rendah. Lalu, bagaimana cara membuka rekening untuk mahasiswa atau pelajar di Jerman? Ada dua cara yang bisa dipilih, yaitu online dan offline, berikut ulasannya:

1. Secara Online

transfer uang dari Indonesia ke Jerman
Internastional Finance

Untuk membuat rekening secara online, Anda bisa mengunjungi situs resmi bank yang diinginkan. Setelah itu, pada layar komputer akan muncul langkah-langkah yang dapat diikuti. Setelah melengkapi semua langkah dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan, kunjungi kantor pos untuk melakukan proses legitimasi.

Saat proses legitimasi, jangan lupa untuk membawa dan menunjukkan paspor Anda. Selang beberapa minggu kemudian, buku tabungan, ATM, dan PIN akan dikirim melalui pos oleh pihak bank. Setelah itu tentu saja keluarga bisa transfer uang dari Indonesia ke Jerman dengan mudah.

2. Secara Offline

transfer uang dari Indonesia ke Jerman
LPDP Jerman

Untuk cara offline, Anda bisa langsung datang ke bank yang diinginkan dengan membawa Surat Anmeldebescheinigung (registrasi kependudukan), paspor, dan Visa yang masih berlaku. Anmeldebescheiningung sendiri bisa didapatkan di KBRI Jerman dan harus segera dibuat sesaat setelah Anda sampai di negara ini.

Jika dokumen sudah lengkap, Anda bisa membuat rekening dan beberapa minggu kemudian berkas hasil pendaftaran seperti kartu ATM serta PIN akan dikirim melalui pos. Cukup mudah bukan?

Setelah memiliki rekening di Jerman, Anda tentu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, termasuk menerima transfer uang dari Indonesia ke Jerman. Selain melalui bank, ada lho cara lain yang lebih mudah untuk kirim uang ke luar negeri, yaitu dengan menggunakan aplikasi remittance seperti Transfez.

Sama seperti transfer bank, aplikasi ini dapat memfasilitasi pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri. Bedanya, biaya administrasi yang dibebankan jauh lebih murah dibandingkan bank. Tidak hanya itu, setiap prosesnya cukup mudah dan aman. Juga kurs yang diberikan sangat bersaing.

Untuk yang merasa gagap teknologi, tidak perlu khawatir kesulitan mengoperasikan aplikasi ini karena Transfez memberikan kemudahan dalam menggunakannya. Pendaftaran akun aplikasi remittance yang telah dilisensi Bank Indonesia ini juga gratis dan aman.

Menarik kan? Tertarik untuk menggunakan jasa Transfez? Unduh aplikasinya, sekarang juga, ya!