Pengaruh Tenaga Kerja Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Februari 17, 2021 by admin
pengaruh tenaga kerja asing terhadap pertumbuhan ekonomi

Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya tentu dapat memberikan dampak, tak terkecuali dalam suatu negara apalagi di era globalisasi seperti sekarang.

Menurut hasil penelitian dari jurnal “Pengaruh Tenaga Kerja Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja “, sekurang-kurangnya sudah lebih dari 40 juta tenaga kerja di dunia telah mengalami perpindahan tempat tinggal. Tak heran, beberapa negara pun tentu merasakan dampak imigrasi yang satu ini, terutama Indonesia. 

Berbicara dampak pertumbuhan ekonomi memang sesuatu yang tak pernah luput untuk dibahas. Tak hanya sekadar membahas kesejahteraan masyarakat Indonesia, TKA pun dapat memberikan pengaruh dalam segi pendapatan, kesempatan kerja, dan tingkat upah. Untuk lebih tahu tentang persoalan yang satu ini. Mari simak ulasannya di bawah ini!

Masuknya Tenaga Kerja Asing terhadap Indonesia 

Masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia tentu memberikan dampak tersendiri, terutama di sektor perekonomian, kesempatan kerja, dan tingkat upah. Hasil penelitian dari beberapa ahli pun menunjukkan bahwa TKA mampu memberikan dampak positif bagi negara yang dikunjunginya. Mari kita bahas satu per satu. 

  • Mampu meningkatkan permintaan produk di negara tersebut

Meningkatnya permintaan produk karena masuknya TKA ke Indonesia adalah salah satu dampak yang dapat kita rasakan. Dengan permintaan produk yang semakin meningkat juga berbanding lurus dengan produktivitas yang akan dihasilkan oleh Tenaga Kerja Lokal (TKL). Biasanya, dalam hal profesionalitas, TKA akan dengan senang hati memberikan insight dan ilmu untuk TKL sehingga output yang dihasilkan bagus dan tentu berdampak pada kualitas upahnya. 

  • Mampu Meningkatkan Pembentukan Modal 

Seiring dengan meningkatkan permintaan produk pada suatu negara, para value investor pun tentu tak segan memberikan modal awal untuk membangun suatu usaha agar berkembang lebih pesat. 

  • Meningkatkan Tingkat Upah dan Kesempatan Kerja 

Hadirnya TKA di Indonesia tak hanya sekadar memberikan tenaga dan ilmunya untuk suatu perusahaan. Namun, dapat memberikan kesejahteraan tersendiri bagi TKL. Mengapa bisa begitu? Itu semua karena tenaga dan ilmu yang telah diberikan kepada TKL telah mampu meningkat kualitas mereka sehingga berdampak langsung pada peningkatan upah. 

  • Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi pada Indonesia 

Kesempatan kerja yang terbuka lebar dan diiringi dengan sumber daya manusia yang mendukung tentu memiliki dampak positif bagi perekonomian di Indonesia. Pada era saat ini, kita pasti tahu betul bahwa generasi millennial sangat suka upgrade diri sendiri apalagi jika ilmu tersebut didapatkan dari orang yang ahli dan berpengalaman. 

Tujuannya cuma satu, mereka ingin meningkatkan penghasilan dan taraf hidup yang lebih baik. Dengan penghasilan yang semakin meningkat, tentu hal ini akan berdampak pada besarnya pajak yang harus dibayarkan pada negara. 

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Tenaga Kerja Asing bukan suatu ancaman bagi masyarakat Indonesia. Mereka dapat memberikan kontribusi yang bagus baik untuk TKL, perekonomian, dan bahkan Indonesia sendiri. Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang hindari prasangka negatif terhadap TKA yang masuk ke Indonesia. Lebih baik kita berfokus kepada kontribusi apa yang telah kita berikan untuk negara.