Peran Remitansi untuk Buruh Migran

Januari 11, 2021 by admin
peran remitan membantu buruh migran Indonesia

Semua orang tentu butuh kerja agar bisa memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya, tak terkecuali para buruh migran. Mereka rela berjuang di negara tetangga demi bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Ditambah lagi, dapat bekerja di berbagai negara maju tentu memberikan dampak yang signifikan terutama dalam segi finansial. 

Berbicara tentang buruh migran tentu tak luput dari penghasilan yang didapatkan selama bekerja. Malah justru ada istilah buruh migran adalah “pahlawan devisa” negara. Mengapa? Karena secara tidak langsung, penghasilan yang mereka dapatkan selama bekerja di luar negeri dapat membantu pertumbuhan ekonomi Tanah Air. 

Dari sekian banyak peran penting yang bisa diberikan oleh buruh migran, remitansi adalah salah satu langkah yang sering dilakukan para buruh migran untuk meningkatkan devisa negara. Namun, apa sajakah peran remitansi untuk para buruh migran Indonesia? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak secara saksama di bawah ini!

  1. Menambah Penghasilan Keluarga

Berdasarkan hasil dari beberapa riset tentang peran remitansi kepada buruh migran, hasil yang tampilkan pun cukup mengejutkan. Menurut hasil laporan dari Hugo dan Saefullah pada penelitiannya yang berjudul “Mengoptimalkan Remitan Dalam Kegiatan Modernisasi Pedesaan”, Hampir 83% keluarga pelaku remitan cenderung lebih kaya dan sejahtera dibanding dengan keluarga bukan pelaku remitan. 

  1. Meningkatkan Investasi Jangka Panjang di Tanah Air

Mencari uang di negara orang tak selalu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ada beberapa orang yang memang sengaja bekerja di luar negeri agar ia bisa menabung lebih banyak dan mengirimkannya ke rekening bank lokal di Indonesia. Dengan begitu, dana bisa langsung dialokasikan untuk investasi, setelah orang tersebut mengirimkan uangnya menggunakan remitan ke rekening bank mereka di Indonesia. Nah, apakah Anda sempat terpikir untuk melakukan migrasi ke negara lain?

3. Membuka Kesempatan Kerja bagi Masyarakat Indonesia

Ketika investasi yang dilakukan melalui proses remitansi berhasil ditanamkan dan bisnis pun telah berkembang pesat. Hal ini tentu bisa mendatangkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Itu mengapa remitansi sangat berperan penting dalam kehidupan buruh migran dan masyarakat Indonesia, terutama dalam hal kesejahteraan hidup.

4. Meningkatkan Devisa Negara 

Tak hanya berperan penting secara langsung oleh para buruh migran. Remitan juga sangat berpengaruh pada pendapatan devisa negara. Apalagi, dilansir dari Brilio.net bahwa Indonesia masuk dalam urutan 10 negara tertinggi yang melakukan migrasi ke beberapa negara. Itu berarti transaski remitan juga akan meningkat seiring meningkatkan jumlah migrasi yang dilakukan. 

Dari 4 poin di atas, bisa disimpulkan bahwa remitansi memiliki peran penting tak hanya untuk negara, tetapi juga untuk para buruh. Terlebih lagi, untuk melakukan transaksi remitan kini tak se-sulit yang dibayangkan. 

Anda cukup hanya mengandalkan smartphone saja dan download aplikasi Transfez dengan klik di sini, serta lakukan registrasi hingga akun-mu berhasil diverifikasi (maksimal 1×24 jam). Setelah itu, Anda sudah bisa langsung lakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri ke negara yang dituju dengan biaya terjangkau tanpa hidden fee di belakang.

Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri Dari Indonesia