Selalu gagal mengatur keuangan bulanan? Wajib simak tips berikut.

Januari 28, 2021 by admin
cara mudah mengatur keuangan

Berbicara tentang cara mengatur keuangan emang nggak ada habisnya. Pasalnya, tak semua orang memiliki pemahaman yang baik seputar keuangan. Alih-alih asal atur keuangan, malah yang ada kita salah langkah dan berakibat fatal untuk persiapan finansial di masa depan. 

Ada seni tersendiri dari dalam mengatur keuangan. Untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik di hari ini dan masa depan. Ikuti tips atur keuangan ini agar kamu selalu menjadi pribadi yang cerdas finansial di tahun 2021 ini. Silakan scroll ke bawah ya!

Photo by Simon on Unsplash
  1. Selalu Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran Setiap Bulannya 

Agar keuangan lebih terarah dan mencegah terjadinya pemborosan. Kamu wajib mencatat pendapatan dan pengeluaran kamu setiap bulannya. Catatlah apa saja yang kamu perlu beli dan segera sisihkan uangmu untuk dana darurat. 

  1. Tahu Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Terdengar sederhana namun sangat sulit ketika dijalani. Kita sering kali terlena membeli barang yang diinginkan ketika membuka aplikasi belanja online dan berdampak pada berkurangnya saldo di ATM. Nah, untuk meminimalisir hal ini terjadi, kamu harus berjanji pada diri sendiri untuk bisa menentukan skala prioritas kebutuhanmu. Dengan begitu, belanja pun bisa ditekan dan keuangan setiap bulannya bisa lebih stabil. 

  1. Menabung dengan Bijak 

Menabung setiap bulannya merupakan bentuk rasa tanggung jawab Anda kepada diri sendiri agar bisa menikmati hidup untuk kedepannya. Jadi, selalu sisihkan penghasilanmu untuk ditabung. Uang itu nantinya bisa kamu manfaatkan untuk dana darurat atau investasi jangka panjang ke depannya. 

  1. Selalu Lakukan Perbandingan Harga 

Untuk meminimalisir pengeluaran yang ada, lakukanlah perbandingan harga setiap ingin membeli sesuatu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan rekomendasi barang termurah dan berkualitas tinggi yang patut dibeli. 

  1. Cobalah Lakukan Investasi

Walau belum berpengalaman, cobalah untuk belajar sedikit demi sedikit tentang investasi. Baik itu saham, reksadana, dan emas. Sama-sama bisa memberikanmu ilmu dan keuntungan secara finansial. Apalagi, banyak lho aplikasi yang menawarkan kemudahan investasi saat ini. Kamu hanya perlu memastikan aplikasi tersebut sudah memiliki kredibilitas seperti terdaftar di OJK atau Bank Indonesia. Lalu, download aplikasi-aplikasi tersebut melalui smartphone kamu ya!

Dari 5  poin di atas, manakah yang sudah berhasil kamu terapkan dalam hidup? 

Jika sudah berhasil, selamat ya! Tetap fokus untuk terus melakukannya sepanjang tahun, agar menjadi kebiasaan baru di hidup.

Di samping itu, khususnya untuk kamu yang tinggal di luar negeri atau sering melakukan transaksi kirim uang keluar negeri bahwa mengatur keuangan yang baik bisa terlihat juga dari pemilihan financial partner tepat untuk kirim uang ke luar negeri? Enggak percaya? Coba saja pakai Transfez. 

Tak hanya menawarkan kemudahan, Transfez mampu antarkan uangmu ke 50 negara dan 5 benua di seluruh dunia secara REAL TIME dan biaya murah, mulai dari 45 ribu serta tanpa hidden fee setelahnya. Hal ini tentu saja adalah solusi terbaik untuk kamu yang sedang berlatih mengatur keuangan, terutama pengeluaran.

Jadi tunggu apa lagi, langsung download Transfez di Appstore dan Playstore, serta jangan lupa gunakan referral code “FREETRY” untuk nikmati gratis biaya admin bagi pengiriman pertamamu.