Uniknya 3 Simbol Mata Uang di Dunia Ini Wajib Kamu Tahu

Desember 23, 2020 by admin
simbol mata uang

Setiap negara tentu memiliki simbol mata uangnya sendiri. Setiap mata uang tentu memiliki nilai budaya dan sejarah sehingga negara tersebut tetap mempertahankan simbol mata uangnya sebagai bentuk dari mempertahankan nilai tersebut.

Dari sekian banyak simbol mata uang, ada beberapa negara yang memiliki simbol mata uang unik dan tentunya mengundang banyak pertanyaan di kalangan masyarakat dunia. “Dari mana simbol mata uang ini tercipta?” Nah, untuk itu di sini Transfez ingin hadirkan 3 negara yang memiliki simbol mata uang unik dan menarik. Negara apa sajakah itu? Yuk, simak di bawah ini ya!

  1. Pound sterling (£)
Photo by Jack Finnigan on Unsplash

Mata uang yang berasal dari Britania Raya ini memiliki keunikan sendiri bagi negara Inggris. Bagaimana tidak? Pound sterling (GBP) adalah mata uang tertua di dunia yang kaya akan nilai budaya dan sejarahnya. Inilah mengapa Pound sterling masih dipertahankan sebagai simbol mata uang dan nilai tukar di negara Inggris. 

Selain itu, kecintaan rakyat Inggris dalam simbol mata uang pound sterling juga turut membuatnya menjadi mata uang tertua di dunia. Padahal, sebagian besar negara-negara di bagian eropa telah mengganti mata uang menjadi euro, inggris tetap menggunakan pound sterling sebagai alat tukar dalam bertransaksi. 

2. Dollar ($)

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Simbol mata uang dollar tentu bukan hanya sekadar tanda bagi warga Amerika Serikat. Ketika simbol itu muncul di hadapan mata, yang terlihat tentu bentuk ketamakan dan kapitalisme dari suatu sistem. Tak heran simbol mata uang dollar banyak digunakan sebagai emoji yang merepresentasikan kekayaan dan kemakmuran. 

Simbol dollar juga tentu memiliki sejarah yang tak kalah unik dari mata uang lain. Ada beberapa versi bagaimana simbol mata uang dollar bisa tercipta. Nah, salah satunya ialah simbol dollar diciptakan oleh Amerika itu sendiri.

Seorang pedagang kelahiran Irlandia bernama Oliver Pollock yang kerap kali disebut sejarawan sebagai pencipta simbol dollar. Selain itu, cetakan simbol mata uang dollar pertama dibuat oleh mesin cetak Philadelphia pada era 1700-an. Orang yang mencetaknya pertama kali ialah Archibald Binny, pria asal Skotlandia yang terkenal bisa menciptakan jenis aksara Monticello. 

3. Yen (¥)

Photo by JJ Ying on Unsplash

Mata uang jepang disebut Yen. Nah ada beberapa cerita unik dan sejarah dibalik mata uang negara sakura ini, lho. Kabarnya, simbol mata uang Jepang ini telah resmi digunakan sejak Juni 1871. Jepang yang terkenal dengan aksara Hiragana, Katakana, dan Kanji membuat simbol Yen juga tak luput dari aksara jepang ini. 

Nama Yen berasal dari kata Bahasa Jepang yang artinya lingkaran. Nama ini juga dibuat karena dua alasan. Pertama, orang Jepang melambangkan uang berbentuk lingkaran yang dapat disentuh dengan ibu jari dan telunjuk. 

Alasan selanjutnya adalah dulu Hongkong mencetak uang logam pertamanya berbentuk bundar/lingkaran sehingga Jepang terinspirasi dan akhirnya menciptakan mata uang dengan bentuk yang mirip. 

Nah, itu adalah 3 negara yang memiliki keunikan pada simbol mata uangnya. Tapi, kalau kamu mau kirim uang dari Indonesia ke negara-negara di atas bisa banget, lho! Tinggal pakai Transfez aja. 

Sekadar informasi saja, Transfez adalah salah satu karya anak bangsa yang telah membantu ribuan orang untuk kirim uang ke luar negeri. Transfez juga memposisikan layanannya sebagai “jembatan” mimpi setiap orang melalui setiap transfer yang dilakukan. 

Pengiriman pun bisa dilakukan dengan mudah dan dana bisa diterima dengan REALTIME pada beberapa negara. Bagaimana, enak bukan? Dalam setiap transaksi pun, kamu hanya dikenakan biaya admin yang sangat rendah, yaitu mulai dari 45 ribu rupiah dan tanpa hidden fee setelahnya.

Tunggu apalagi? gunakan dan rekomendasikan Transfez pada orang-orang tersayang ya. Jangan lupa juga untuk gunakan referral code “FREETRY” dan nikmati free-fee transaction untuk pertama kali. 

Happy Transfez all around the world!