FAQ

FAQ

Tanya Jawab

Apakah Transfez merupakan penyedia layanan berlisensi?
  • Transfez adalah produk teknologi finansial dari PT. Indo Koala Remittance, institusi finansial Penyelenggara Transfer Dana (PTD) yang berlisensi di Indonesia. Kami diawasi oleh Bank Indonesia dan PPATK di bawah peraturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT): 19/10/PBI/2017 dan diatur oleh Bank Indonesia sebagai institusi remitansi resmi dengan nomor izin: 13/77/DASP/30.
  • Anda dapat memeriksa lisensi kami di sini.
Apakah aman bagi saya untuk mengirimkan uang melalui Transfez?
  • Keamanan Anda adalah prioritas kami. Kami memastikan bahwa segala proses terjadi secara transparan untuk memberikan Anda kendali terhadap transaksi - transaksi anda. Proses verifikasi kami menjamin bahwa uang Anda diterima dengan baik oleh orang yang tepat. Transfez diregulasi oleh peraturan Bank Indonesia nomor 19/10/PBI/2017 dengan nomor lisensi no. 13/77/DASP/30 dan regulasi PPATK dengan nomor PER-12/1.02/PPATK/06/13.
Bagaimana cara saya membuat akun baru di Transfez?
  • Caranya sangat mudah! Anda hanya memerlukan email atau akun Google/Facebook Anda untuk membuat akun baru melalui aplikasi Transfez.
Mengapa sangat penting untuk melengkapi profil saya?
  • Anda perlu melengkapi profil Anda untuk mengirimkan uang melalui layanan kami. Sebagai sebuah institusi finansial, kami wajib melakukan proses verifikasi atas identitas pelanggan kami sesuai regulasi dari negara - negara dimana kami beroperasi.
Mengapa saya perlu melengkapi identitas diri saya untuk melakukan transaksi?
  • Sebagai entitas finansial yang teregulasi, Transfez memiliki komitmen untuk patuh pada Peraturan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme dari Bank Indonesia dan PPATK. Data Anda akan kami telusuri untuk memastikan bahwa kami tidak melanggar hukum dengan cara apapun.
Seberapa pentingkah bagi saya untuk memberikan informasi akurat mengenai identitas saya kepada Transfez?
  • Sebagai sebuah institusi finansial, kami butuh untuk mengetahui siapa yang mengirimkan uang melalui layanan kami dan melakukan verifikasi terhadap identitas pelanggan kami. Karena alasan ini, mohon untuk menggunakan nama asli Anda (bukan nama pendek), alamat yang akurat, nomor telepon dan email aktif yang dapat kami hubungi ketika melengkapi profil Anda di Transfez.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan verifikasi profil sebelum transaksi pertama saya dapat dilakukan?
  • Verifikasi hanya butuh untuk dilakukan ketika Anda melengkapi profil Anda untuk pertama kalinya. Setelah profil Anda lengkap, kami membutuhkan waktu 1x24 jam di hari kerja sebelum Anda dapat menggunakan layanan kami.
Apakah saya dapat mengganti email atau nomor telepon yang telah saya input?
  • Mohon untuk menghubungi Layanan Pelanggan kami untuk mengganti email dan nomor telepon Anda.
Bagaimana cara saya menambahkan penerima pada akun saya?
  • Apabila Anda adalah pengguna yang telah terverifikasi, klik tab ‘Penerima’ atau ‘Buat Penerima Baru’ setelah Anda melakukan proses log in. Apabila Anda baru saja membuat akun, Anda hanya butuh untuk pergi ke ‘Buat Penerima Baru’ ketika mengatur transaksi baru Anda.
Mengapa saya diminta untuk melengkapi beberapa dokumen - dokumen lain setelah saya melengkapi profil saya?
  • Sebagai bagian dari kebijakan kami, Transfez meminta Anda untuk memberikan salinan baru dari dokumen Anda. Apabila dokumen yang Anda input sudah melewati batas waktu dan tidak berlaku lagi, kami membutuhkan bantuan Anda untuk mengirimkan salinan terbarunya sebelum kami dapat memproses transaksi Anda.
Apakah layanan ini aman untuk digunakan?
  • Selain berlisensi resmi sebagai Penyelenggara Transfer Dana dari Bank Indonesia, Transfez memiliki pengalaman panjang dalam layanan pengiriman uang. Kami telah sukses dalam membantu pelanggan - pelanggan kami mengirimkan lebih dari puluhan juta dolar.
    Kami sangat menghormati kepercayaan pelanggan - pelanggan kami dan akan memastikan bahwa uang Anda terkirim dengan aman dalam setiap transaksi.
Ketika saya diinstruksikan untuk mengisi biodata saya, apakah informasi saya akan terjaga dengan baik?
  • Kerahasiaan data dan kepercayaan Anda sangat penting bagi kami. Transfez mengumpulkan data Anda sebagai bagian dari proses pemesanan, untuk kelengkapan profil Anda, serta untuk mematuhi peraturan pihak berwajib. Kami hanya akan mengirimkan email dan notifikasi mengenai berita dan tawaran tertentu dengan izin Anda.
  • Transfez memiliki sistem enskripsi dengan lapisan proteksi yang memastikan keamanan data Anda. Pertukaran informasi melalui server juga dienkripsi menggunakan SSL di server yang berlokasi di Indonesia.
  • Untuk menjaga agar data Anda tetap aman, mohon untuk hanya memberikan informasi mengenai diri Anda pada petugas atau representatif kami.
  • Untuk informasi lebih lanjut, mohon untuk membaca Kebijakan Privasi (Privacy Policy) serta Layanan Pelanggan Transfez (Transfez Service Agreement).
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan Transfez?
  • Biaya layanan kami berbeda-beda untuk setiap negara tujuan juga koridor transfer. Biaya dapat berubah dan dapat ditinjau setiap saat pada kalkulator mata uang Transfez.
Mengapa biaya transaksi Transfez sangat berbeda dari bank dan layanan lain?
  • Tujuan Transfez adalah untuk menjadikan pengiriman uang internasional terasa seperti pengiriman domestik, secara biaya, kecepatan, dan kenyamanan pelanggan. Tidak seperti bank dan layanan lainnya, kami memiliki likuiditas di setiap negara pengiriman melalui partner bisnis dan juga bank-bank. Kami akan melaksanakan pengiriman uang Anda melalui likuiditas mata uang asing di setiap negara tujuan yang kami layani -- yang membuat biaya kami lebih murah dari bank.
Apakah benar bahwa saya dapat menghemat lebih banyak uang apabila menggunakan Transfez?
  • Tentu saja. Di Transfez, kami tidak memiliki biaya - biaya tersembunyi. Yang Anda lihat adalah harga yang Anda bayarkan. Semua biaya sudah termasuk dalam transaksi dan tidak akan ada biaya - biaya tambahan dari bank di negara tujuan Anda maupun biaya tersembunyi dalam pertukaran mata uang asing. Apabila Anda ingin membandingkan harga, masukkan jumlah uang yang akan Anda kirimkan (Rupiah, sudah termasuk biaya layanan) dan lihat bagaimana penerima akan mendapatkan jumlah seutuhnya. Anda akan kagum!
Apakah saya dapat mengunci nilai tukar yang saya inginkan ketika melakukan transaksi dengan Transfez?
  • Nilai tukar akan ditampilkan ketika Anda melakukan pengiriman. Setelah Anda membuat transaksi, kurs Anda akan dikunci selama tiga jam. Transfez berhak untuk membatalkan transaksi apapun jika uang tidak dikreditkan ke Transfez dalam waktu 3 jam.
  • Nantinya kami akan menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunci nilai tukar yang Anda inginkan selama beberapa jam maupun hari sebelum transaksi (untuk B2B transfer), namun saat ini fitur tersebut masih belum tersedia.
Mengapa nilai tukar mata uang asing tidak berganti di akhir pekan maupun di waktu - waktu tertentu?
  • Pasar valuta asing beroperasi selama jam pasar pada hari kerja di negara - negara tertentu. Oleh karena itu, kurs mungkin tidak diperbarui ketika pasar valuta asing ditutup pada akhir pekan dan hari libur.
Untuk berapa lamakah kurs saya dikunci saat melakukan transaksi? Apakah ada batas waktu bagi saya untuk menyelesaikan pembayaran?
  • Mohon untuk menyelesaikan proses transfer dalam waktu 3 jam. Transaksi Anda akan dibatalkan apabila transfer dilakukan setelah batas waktu yang telah ditentukan dan uang Anda akan dikembalikan dalam kurun waktu tersebut. Apabila ingin melakukan transaksi kembali, Anda harus mengulang proses transaksi dari awal lagi. Transaksi - transaksi kami sensitif terhadap waktu karena adanya perubahan mata uang / volatilitas. Itulah sebabnya kami sangat menghargai bahwa pembayaran dibayarkan dalam periode waktu tertentu.
Apa arti dari masing-masing status transaksi?
  • Waiting Payment

Kami masih menunggu pembayaran dari Anda atau masih melakukan verifikasi atas pembayaran Anda. Jika Anda telah membayar, silahkan melakukan verifikasi pembayaran pada menu Activity.

  • On progress

Pembayaran Anda telah kami terima dan kami sedang memproses transaksi Anda.

  • Completed

Kami dan/atau melalui partner kami berhasil mengirimkan dana ke rekening penerima. Dalam beberapa kasus pada bank dan/atau negara tertentu, dana baru akan tercatat masuk pada mutasi bank penerima maksimal 1x24 jam setelah transaksi telah dinyatakan berhasil.

  • Failed

Transaksi Anda gagal dilakukan.

  • Cancelled

Anda membatalkan transaksi yang telah dibuat atau Anda tidak melakukan pembayaran dalam rentang waktu yang diberikan.

  • Refunded

Dana telah berhasil dikembalikan ke rekening bank Anda.

Apa yang harus saya lakukan apabila dana belum masuk ke rekening penerima setelah 1x24 jam status berubah menjadi Completed?
Apa yang menyebabkan transaksi saya gagal?
  • Transaksi gagal dapat terjadi karena beberapa sebab, di antaranya: data penerima salah, transaksi telah melebihi batas, ditolak bank penerima, penerima masuk dalam daftar sanksi, penerima yang tidak didukung, eror yang tak terduga, dan Transfez memiliki hak untuk menolak transaksi apabila pelanggan adalah orang yang masuk ke dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT).
Apakah Transfez menawarkan kontrak berjangka?
  • Tidak, saat ini kami tidak menawarkan kontrak berjangka.
Bagaimana cara saya melakukan pembayaran untuk transaksi saya?
  • Untuk menggunakan layanan kami, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank. Setelah Anda melakukan dan mengkonfirmasi pembayaran Anda, pemberitahuan melalui aplikasi atau email akan segera dikirimkan kepada Anda.
Apakah saya dapat menyimpan uang tunai ke dalam akun Transfez saya?
  • Tidak, kami tidak menerima deposit uang tunai. Saat ini kami hanya menerima pembayaran melalui transfer bank. Tetap ikuti perkembangan kami melalui akun media sosial untuk mengetahui perkembangan - perkembangan baru kami.
Apakah Transfez menerima pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit?
  • Maaf, saat ini kami belum menerima pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit. Tetap ikuti perkembangan kami melalui akun media sosial untuk mengetahui perkembangan - perkembangan baru kami.
Apakah saya dapat mengirimkan uang menggunakan rekening bank orang lain?
  • Tidak. Untuk menjaga keamanan transaksi pelanggan, kami tidak akan menerima pembayaran oleh rekening bank yang tidak dikenal dan tidak diregistrasi di dalam sistem kami. Mohon untuk melakukan registrasi dan mengisi data Anda sebelum melakukan transaksi.
Apakah saya dapat mengirimkan uang melalui orang lain yang memiliki rekening bank bersama saya?
  • Ya. Selama nama Anda terdaftar sebagai salah satu pemegang akun, Anda dapat mengirim uang melalui rekening bersama.
Apa yang akan terjadi apabila saya mengirim uang menggunakan akun orang lain?
  • Transfez akan mengembalikan uang Anda apabila kami mendeteksi bahwa uang yang kami terima tidak dikirim dari akun yang teregistrasi. Bantu kami untuk menjaga keamanan layanan ini dengan hanya menggunakan akun yang telah diregistrasi untuk melakukan transaksi.
Saya telah mencantumkan informasi penerima yang salah. Apakah saya dapat mengubahnya?
  • Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan kami melalui email atau chat untuk isu - isu yang Anda hadapi sebelum kami memproses transaksi anda.
Bagaimana cara saya memproses pengiriman uang dengan Transfez?
  • Masuk ke dalam akun Transfez Anda dan mulai mengirimkan uang. Layanan kami akan membawa Anda melalui seluruh proses transaksi. Apabila Anda memiliki pertanyaan, mohon hubungi Layanan Pelanggan kami.
Apa yang terjadi apabila pembayaran saya ke penerima ditolak?
  • Kami akan mengabari Anda via email dan notifikasi mengenai pengiriman uang yang ditolak.
Saya telah mengirimkan uang dengan jumlah yang salah. Apakah saya dapat menggantinya?
  • Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan kami untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Klik di sini.
Kapan penerima akan mendapatkan kiriman uangnya?
  • Setelah uang dikirim oleh Transfez, lamanya uang akan diterima bergantung pada proses dari bank penerima. Anda dapat melihat estimasi waktu pengiriman saat Anda melakukan transaksi.
Apakah saya butuh untuk menghubungi Transfez saat saya melakukan pembayaran?
  • Anda dapat mengkonfirmasi pembayaran Anda di menu Activity dengan memilih transaksi yang ingin Anda lihat. Setelah itu, kami akan mengurus semuanya untuk Anda. Namun, apabila Anda mengalami suatu kendala, mohon untuk menghubungi Layanan Pelanggan kami. Klik disini.
Begitu saya selesai melakukan pembayaran, apakah Transfez akan memberikan bukti bahwa transaksi saya telah sukses dilakukan? Bagaimana cara saya melacak pengiriman uang saya?
  •  Ya. Begitu pembayaran Anda telah selesai dilakukan, kami akan mengirimkan notifikasi pada Anda dan Anda dapat melacak pergerakan uang Anda melalui menu Activity di aplikasi kami.
Bagaimana cara saya membatalkan transaksi saya dengan Transfez?
  • Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan kami. Harap dicatat, setelah dana berhasil dikirim ke penerima, transaksi tidak dapat dibatalkan.
Saya telah menyelesaikan transaksi saya dengan Transfez, namun saya tidak mendapat notifikasi bahwa uang saya telah dikirimkan. Apa yang harus saya lakukan?
  • Mohon untuk mengontak Layanan Pelanggan kami, yang akan dengan senang hati membantu Anda dalam memastikan bahwa transaksi Anda telah dikirim.
Saya telah menghubungi Layanan Pelanggan Transfez namun tidak mendapat jawaban.
  • Layanan Pelanggan kami akan memberikan respon pada pertanyaan - pertanyaan Anda dalam periode waktu tidak lebih dari 2x24 jam.
  • Mohon untuk menghubungi kami melalui whatsapp dan/atau email ke cs@transfez.com.
Apa saja mata uang yang tersedia dalam layanan Transfez?
  • Mata uang yang kami terima adalah Rupiah, namun kami dapat mengirimkan dana Anda ke lebih dari 70 negara yang akan diterima dalam mata uang negara tersebut.
Dari negara manakah saya dapat mengirimkan uang melalui Transfez?
  • Saat ini, Anda hanya dapat mengirimkan uang dari Indonesia.
Ke negara manakah saya dapat mengirimkan uang melalui Transfez?
  • Anda dapat mengirimkan uang ke negara - negara di bawah ini:
    • Asia Pasifik: Bangladesh, Cina, India, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Thailand, Vietnam.
    • Eropa: Kepulauan Aland, Austria, Azores, Belgia, Pulau Canary, Cyprus, Estonia, Finland, Perancis, Guyana Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Madeira, Malta, Mayotte, Monako, Belanda, Portugal, Saint Barthelme, Saint Martin, Saint Pierre dan Miquelon, San Marino, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Inggris.
  • Dalam waktu dekat, kami akan menambahkan pengiriman ke negara-negara di bawah ini:
    • Asia Pasifik : Australia, Jepang, Selandia Baru, Kamboja.
    • Afrika : Benin, Burkina Faso, Cote d’Ivoire, Ethiopia, Ghana, Guinea-Bissau, Kenya, Mali, Niger, Nigeria, Senegal, Togo.
    • Amerika : USA, Bolivia, Brazil, Chile, Colombia, Cuba, Dominican Republic, Haiti, Meksiko, Nicaragua, Peru, Venezuela.
    • Eropa : Kroasia, Czech Republic, Denmark, Norwegia, Polandia, Roma, Swedia.
    • Timur Tengah : Arab Saudi, UAE.
Apa itu Kode IFSC? Bagaimana jika saya tidak memiliki Kode IFSC penerima saya?
  • Kode IFSC adalah kode alfanumerik yang mengidentifikasi cabang bank tertentu yang berpartisipasi dalam dua Sistem Penyelesaian Dana Elektronik utama di India. Anda dapat menghubungi penerima dan mendapatkan kode IFSC bank akun mereka.
Apa yang dimaksud dengan Swift Codes, IBAN Numbers, BSB Codes, dan Sort Code?
  • Kode SWIFT adalah kode identifikasi unik untuk lembaga keuangan dan non-keuangan.
  • IBAN Number adalah sistem internasional untuk mengidentifikasi rekening bank lintas batas negara untuk memfasilitasi komunikasi dan pemrosesan transaksi lintas batas.
  • BSB Code adalah kode Bank State Branch (BSB) yang digunakan di Australia untuk mengidentifikasi cabang bank.
  • Sort Codes adalah kode yang digunakan industri perbankan Inggris dan Irlandia untuk mengidentifikasi bank saat mengarahkan transfer uang.
Kapan Transfez akan menyediakan layanan transfer untuk bisnis?
  • Meskipun saat ini kami terbuka untuk melakukan layanan transfer B2B ke koridor tertentu, Transfez bekerja keras untuk menyelaraskan bisnis kami dengan peraturan negara lain sehingga kami dapat memberi Anda cara yang lebih baik untuk mentransfer uang ke berbagai benua untuk transaksi bisnis Anda.
  • Tetap ikuti perkembangan kami melalui akun media sosial untuk mengetahui perkembangan - perkembangan baru kami atau hubungi kami jika Anda memerlukan layanan transfer dana untuk bisnis.
Apakah saya dapat membuat akun Transfez untuk bisnis?
  • Saat ini akun bisnis hanya dapat dibuat dengan menghubungi kami dan meminta bantuan untuk mendaftar sebagai akun bisnis.
Apakah saya dapat membuat akun Transfez sebagai perusahaan?
  • Ya, sebuah perusahaan dapat membuka akun dengan kami. Hubungi kami dan kami dengan senang hati membuat akun bisnis untuk perusahaan Anda.
Apakah saya dapat menggunakan akun personal saya untuk melakukan bisnis?
  • Tidak, akun personal Anda hanya dapat digunakan untuk kebutuhan individu. Namun, Anda dapat menggunakan akun personal Anda untuk mengirimkan uang kepada suatu bisnis (Person to Business transaction).
Apakah saya dapat melakukan batch payment (menggabungkan beberapa tagihan menjadi satu transaksi pembayaran) dengan Transfez?
  • Kami sedang mengusahakannya. Tetap ikuti perkembangan kami!
Bagaimana cara kerja Referral Program Transfez?
  • Saat 3 dari teman Anda telah sukses registrasi akun di Transfez dengan menggunakan kode referral Anda dan melakukan pengiriman uang melalui Transfez dengan jumlah minimum IDR 3,500,000, Anda akan diberi reward sebesar IDR 750,000. Syarat dan ketentuan Referral Program ini dapat diklik di sini.
Berapa jumlah teman yang dapat saya ikut sertakan dalam Referral Program Transfez?
  • Anda dapat mengikutsertakan sebanyak mungkin teman Anda sebagai referensi! Lebih banyak teman yang Anda ikut sertakan, lebih besar kesempatan Anda untuk mendapatkan Hadiah.
Apakah saya dapat mengikutsertakan teman yang sama lebih dari sekali?
  • Tidak, Anda hanya dapat mengikutsertakan teman Anda dalam program referensi kami sebanyak satu kali. Begitu teman Anda mendaftar, dia tidak dapat menggunakan kode referral Anda lagi untuk mendapatkan reward.
Bagaimana cara teman saya mendapatkan bonus referral?
  • Mereka akan mendapatkan notifikasi layanan pengiriman uang secara gratis pada aplikasi mereka segera setelah mereka melakukan registrasi akun Transfez menggunakan kode referal Anda.
Kapan saya akan mendapatkan bonus dari Referral Program Transfez?
  • Reward sebesar IDR 750,000 akan dikreditkan pada akun Anda begitu tiga teman Anda (referee) berhasil melakukan transaksi minimum sebesar IDR 3,500,000.
Kapan saya bisa mengklaim bonus saya untuk Referral Program Transfez ini?
  • Anda dapat melihat aktivitas referensi Anda di halaman Promotions. Anda juga dapat mengklaim bonus Anda setelah Anda mencapai milestone di halaman Promotions. Hadiah Anda akan ditransfer ke rekening bank Anda di Indonesia.
Masih ada yang ingin ditanyakan?
Hubungi Kami