Perjanjian Layanan Transfez

1. Penting

  1. Mohon tinjau Perjanjian Layanan Transfez (“Perjanjian”) dengan seksama sebelum menggunakan Layanan Kami (sebagaimana didefinisikan di bawah).
  2. Aplikasi Transfez.com (“Aplikasi”) atau portal www.transfez.com (“Portal”) disediakan oleh PT. Indo Koala Remittance, suatu Perseroan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan diberikan izin oleh Bank Indonesia sebagai lembaga penyelenggara transfer dana bukan Bank (“Kami”).
  3. Dengan mengunjungi Portal Kami, mengunduh dan/atau mengunjungi Aplikasi Kami, dan/atau mengklik Setuju pada Portal atau Aplikasi dari waktu ke waktu, anda menyetujui Perjanjian ini. Jika anda tidak menyetujui ketentuan dari Perjanjian ini dan/atau jika anda tidak ingin melanjutkan untuk menggunakan Layanan Kami, silahkan hapus akun Transfez anda.
  4. Sebagai lembaga penyelenggara transfer dana bukan Bank, Kami menyediakan Layanan sehubungan dengan pengiriman transfer dana internasional, dari Indonesia ke Negara ini. (“Layanan”)
  5. Perjanjian ini adalah Perjanjian yang mengikat antara anda dan Kami.

2. Persyaratan Siapa yang Dapat Menggunakan Layanan Kami

  1. Jika anda adalah Orang Perseorangan: Anda paling tidak berusia 17 tahun dan dengan menggunakan Layanan ini, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda berusia 17 tahun.
  2. Jika anda adalah Badan Hukum: Anda memiliki wewenang untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian ini dan untuk menggunakan Layanan Kami dan dengan menyetujui Perjanjian ini dan/atau menggunakan Layanan Kami, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda memiliki wewenang untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian ini dan menggunakan Layanan Kami.

3. Bagaimana Menggunakan Layanan Kami

  1. Daftar dan buat Akun Transfez
  2. Untuk memulai menggunakan Layanan Kami, anda harus mendaftar dan membuat Akun Transfez dan menyediakan informasi dan dokumen yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan pada form pendaftaran. Kami akan meminta anda untuk menyetujui Perjanjian ini. Apabila anda tidak setuju dengan ketentuan dalam Perjanjian ini, anda tidak akan melanjutkan proses pendaftaran.

  3. Proses Keamanan pada Anda

    1. Sebagaimana yang disyaratkan oleh hukum, Kami memiliki prosedur untuk mengidentifikasi dan memverifikasi identitas anda, termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pemeriksaan keamanan yang dibutuhkan kepada anda. Hal tersebut adalah prosedur yang diwajibkan sebelum Kami dapat menyediakan Layanan apapun kepada anda.
    2. Di sisi lain, anda harus setuju untuk menyediakan dokumen dan/atau informasi apapun yang Kami minta. Jika anda gagal untuk menyediakan dokumen dan/atau informasi yang Kami minta, Kami tidak akan melanjutkan Layanan Kami kepada anda.
    3. Lebih lanjut, anda setuju dan mengizinkan Kami untuk mengambil informasi yang diberikan oleh pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas dari pemerintah.
    4. Jika anda adalah Badan Hukum, Kami dapat mensyaratkan pertemuan tatap muka sebelum anda menggunakan Layanan Kami pertama kali. Kami akan menyelenggarakan pertemuan tatap muka ini di waktu dan tempat yang baik untuk anda dan Kami setelah anda mengirimkan dokumen-dokumen pendahuluan yang Kami minta.
    5. Kami dapat melakukan prosedur Proses Keamanan dari waktu ke waktu jika Kami rasa itu dibutuhkan. Walaupun demikian, secara umum Proses Keamanan kepada anda dapat dilaksanakan hanya 1 (satu) kali sebelum anda menggunakan Layanan Kami untuk pertama kalinya. Ketentuan pada paragraph ii dari Sub-Klausula b ini juga berlaku terhadap paragraf ini.
    6. Pemeriksaan keamanan dapat menyita waktu. Kami akan mencoba sebaik mungkin untuk mempercepat waktu proses pemeriksaan keamanan. Jarang sekali pemeriksaan keamanan membutuhkan waktu yang lama. Tetapi, apabila situasi ini terjadi, anda harus membebaskan Kami dari segala tindakan hukum, yang berhubungan, secara langsung atau tidak langsung, dengan keterlambatan proses transaksi anda.
  4. Pengaturan Perintah Transaksi
  5. Anda harus secara akurat dan lengkap mengatur perintah transaksi anda pada Akun Transfez anda, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Jika anda adalah Orang Perseorangan

      – Nama depan anda
      – Nama belakang anda
      – Tanggal kelahiran anda
      – Negara anda
      – Kota anda

    2. Jika anda adalah Badan Hukum

      – Nama perwakilan
      – Nama yang terdaftar
      – Nama dagang jika berbeda
      – Alamat terdaftar
      – Alamat Bisnis Utama jika berbeda
      – Negara pendirian

    3. Jika Penerima adalah Orang Perseorangan

      – Nama depan Penerima
      – Nama belakang Penerima
      – Bank Penerima

    4. Jika Penerima adalah Badan Hukum

      – Nama perwakilan
      – Nama terdaftar
      – Nama dagang jika berbeda
      – Alamat terdaftar
      – Alamat Bisnis Utama jika berbeda
      – Negara pendirian
      – Bank Penerima

  6. Biaya dan Nilai Tukar
    1. Biaya Kami dapat berbeda dari satu negara ke negara lainnya. Mohon melihat Biaya pada kalkulator mata uang Transfez.
    2. Nilai Tukar dapat berbeda dari waktu ke waktu. Meskipun demikian, setelah anda mengatur perintah transaksi anda, Nilai Tukar akan terkunci selama 3 (tiga) jam.
  7. Instruksi Pembayaran

    Setelah Kami menerima dan memverifikasi Perintah Transaksi anda, Kami akan memberikan Instruksi Pembayaran. Setelah itu, anda diharuskan untuk membayar jumlah uang yang tepat ke Akun Bank yang dituju pada Instruksi Pembayaran. Mohon catat bahwa anda diharuskan untuk membayar jumlah yang tepat dari Akun bank anda sendiri. Secepatnya setelah Kami menerima pembayaran anda, Kami akan memproses Perintah Transaksi anda. Di sisi lain, Kami tidak akan memproses Perintah Transaksi Anda jika: (i) pembayarannya bukan dari Akun Bank anda; (ii) anda gagal untuk membayar jumlah yang tepat sebagaimana telah diharuskan pada Instruksi Pembayaran; dan (iii) anda gagal untuk membayar jumlah yang tepat pada periode waktu yang ditentukan yang ditentukan yang diberitahukan di dalam Aplikasi dan/atau Portal.

  8. Pemberitahuan pada Penyelesaian Transaksi

    Secepatnya, Kami akan memberitahukan anda jika Transaksi telah berhasil. Pemberitahuan akan mencakup (tetapi tidak terbatas pada) Penerima, Bank Penerima, dan jumlah yang ditransfer. Mohon laporkan secepatnya jika sistem Kami gagal untuk mentransfer jumlah yang tepat kepada Penerima. Kami akan membantu anda untuk memperbaiki masalah tersebut segera setelah anda menghubungi Kami.

  9. Perintah Transaksi anda mungkin terlambat atau tidak selesai

    Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk memproses atau menyelesaikan perintah transaksi anda tepat waktu, dimana pada waktu normal, proses tersebut dapat membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja setelah Kami menerima pembayaran anda (tetapi hampir tidak mungkin membutuhkan waktu selama ini). Tetapi, untuk beberapa alasan, transaksi anda mungkin mengalami keterlambatan atau tidak dapat diselesaikan. Ketika siatuasi ini terjadi, Kami akan memberi tahu anda secepatnya. Selanjutnya, sejauh diperbolehkan oleh hukum, anda setuju bahwa Kami tidak diharuskan untuk menyampaikan alasannya kepada anda.

4. Kewajiban Kami

  1. Kecuali dinyatakan lain pada sub klausul berikutnya, Kami tidak memiliki kewajiban kepada anda dan pihak mana pun untuk segala kerugian, termasuk biaya, rugi, dan bunga dalam bentuk apapun, baik secara langsung atau tidak langsung, materil atau immateriil, yang timbul dari atau berhubungan dengan Layanan Kami, yang disebabkan oleh alasan apapun, termasuk biaya, kerugian, dan bunga yang disebabkan oleh bug atau virus, dan situs web yang terhubung dengan dan dari situs web Kami.
  2. Kami hanya memiliki kewajiban kepada anda untuk kerugian jika:
    1. Setelah Kami menerima dana anda, Kami tidak dapat mengirimkan transaksi anda dalam jangka waktu yang telah ditentukan di bawah pasal 3.vi dalam Perjanjian ini, dan
    2. Anda memiliki bukti bahwa kejadian sebagaimana telah disebutkan pada poin (a) di atas terjadi karena kelalaian Kami.
  3. Tanpa mengurangi ketentuan pada sub-klausula ii.b di atas, tidak ada kelalaian jika:
    1. Kami diminta oleh Pejabat Pemerintahan untuk menahan atau membatalkan transaksi anda;
    2. Kami, di bawah diskresi Kami, percaya bahwa dibutuhkan proses keamanan tambahan untuk mematuhi hukum dan regulasi;
    3. Ketersediaan uang tertunda atau dibatalkan yang disebabkan oleh tindakan atau kelalaian dari Bank Penerima;
    4. Keterlambatan atau kegagalan penyelesaian disebabkan oleh informasi dan dokumen yang menyesatkan, salah, dan/atau tidak akurat yang anda sediakan kepada Kami sehubungan dengan Layanan Kami;
    5. segala peristiwa yang berada di luar kekuasaan dan kendali Kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kegagalan telekomunikasi, kejahatan dunia maya, terorisme dunia maya, virus, bug, atau masalah lainnya di luar kuasa atau kendali Kami (“keadaan kahar”); atau
    6. Kami melaksanakan diskresi absolut Kami untuk melaksanakan Pasal 7 (iv) Perjanjian ini
  4. Jika kewajiban Kami berdasarkan Sub-Klausula ii di atas timbul, Kami harus mengembalikan jumlah tersisa yang gagal Kami transfer (untuk tujuan klasul ini akan didefinisikan sebagai “Jumlah Tersisa”). Untuk menghindari keraguan, Kami tidak dapat berkewajiban untuk mengembalikan dana anda yang telah dikirimkan kepada Penerima anda meskipun Kami tidak dapat memenuhi waktu maksimal sebagaimana dinyatakan di bawah Pasal 3.vi dalam Perjanjian ini.
  5. Mengacu kepada ketentuan sub klausul ii dan iv di atas, selain tanggung jawab Kami untuk mengembalikan Jumlah Tersisa, dalam keadaan apapun:
    1. Kami hanya akan bertanggung jawab untuk keterlambatan pembayaran bunga sebesar 0,01% dari Jumlah Tersisa per hari, yang perhitungannya dimulai dari 7 (tujuh) hari setelah permintaan pengembalian dana oleh anda, dan
    2. tanggung jawab maksimal Kami kepada kerugian anda terbatas pada Rp 2.000.000.

5. Pernyataan, Jaminan, dan Tanggung Jawab Anda

  1. Anda menyatakan dan menjamin kepada Kami bahwa:
    1. Anda memiliki wewenang penuh untuk: (i) ikut serta dalam Perjanjian ini, (ii) melaksanakan kewajiban anda berdasarkan Perjanjian ini, dan (iii) untuk menggunakan Layanan Kami;
    2. menggunakan Layanan Kami untuk penggunaan anda langsung dan tidak mengatas namakan orang lain;
    3. Anda mengetahui Penerima anda dengan baik atau anda mengetahui bahwa penerima anda terlibat dalam bisnis yang sah;
    4. Penggunaan Layanan Kami tidak melanggar segala hukum dan regulasi relevan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada Anti Pencucian Uang di bawah hukum Indonesia atau hukum relevan lainnya yang berlaku;
    5. Anda tidak menggunakan Layanan Kami untuk terlibat dan bertransaksi dalam dan berhubungan dengan : (i) Bisnis Senjata/Pertahanan; (ii) Firma Keamanan Privat atau kontraktor militer privat (iii) barang palsu/bajakan; (iv) pedagang logam, batu, dan perhiasan berharga; (v) Kedutaan besar. Misi diplomatik, dan konsulat; (vi) industri ganja dan industri obat-obatan rekreasi lainnya; (vii) mata uang virtual, (viii) prostitusi; (ix) lotre dan perjudian, daring atau luring; (x) perdagangan berlian kasar; (xi) Bank Fiktif; (xii) Institusi Keuangan Tanpa Izin, yang mana membutuhkan perizinan; (xiv) Segala Aktivitas Ilegal lainnya
  2. Anda bertanggung jawab secara tunggal atas segala biaya, kerugian dan bunga dalam bentuk apapun yang:
    1. Dihasilkan dari informasi dan dokumen yang menyesatkan, salah, dan/atau tidak akurat yang anda sediakan kepada Kami sehubungan dengan Layanan Kami;
    2. Dihasilkan dari pelanggaran yang anda lakukan terhadap Perjanjian ini;
    3. Dihasilkan dari dan berhubungan dengan perjanjian antara Anda dengan Penerima Anda atau pihak lainnya
    4. Yang tidak tercakup sebagai Kewajiban Kami sebagaimana telah dinyatakan di bawah Pasal 4 Perjanjian ini.

6. Hak Kekayaan Intelektual

  1. Anda mengetahui bahwa Transfez dan/atau pemberi lisensi adalah pemilik dari hak dan properti termasuk namun tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual yang disediakan dan berhubungan dengan, yang terlihat pada atau terkandung dalam, dan secara langsung atau tidak langsung berada dalam Aplikasi, Portal, dan Layanan, dan termasuk namun tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual pada perangkat lunak, Aplikasi, Portal, desain Kami, merk dagang Kami, logo Kami, kode Kami, dan hal-hal lainnya yang tersedia pada dan berhubungan dengan Aplikasi, Portal, dan Layanan, baik terhadap hak yang telah didaftarkan maupun yang tidak didaftarkan. Lebih jauh, anda mengetahui bahwa hukum yang berlaku melindungi hak kepemilikan, termasuk hak kekayaan intelektual.
  2. Oleh karena itu , anda tidak diperbolehkan, kecuali dinyatakan secara tegas diperbolehkan dalam Perjanjian ini, secara langsung atau tidak langsung, sebagian atau keseluruhan, melanggar hak Kami, termasuk namun tidak terbatas pada mendistribusikan, mentransfer, memberi lisensi, menyerahkan, menyewakan, memodifikasi, menyalin, dam/atau merusak hak Kami apapun.

7. Klausul Penting Lainnya

  1. Amandemen Perjanjian ini
  2. Kami dapat mengamandemen Perjanjian ini dengan memasang versi terakhir pada Aplikasi atau Portal. Setelah dipasang, versi amandemen akan berlaku efektif. Kami akan memberitahu anda mengenai perubahan terhadap Perjanjian melalui e-mail. Apabila anda tidak setuju dengan versi amandemen dari Perjanjian, mohon untuk mengakhiri Akun Transfez anda dan berhenti untuk menggunakan Layanan Kami.

  3. Ketersediaan Layanan Kami
  4. Kami akan berusaha sebaik mungkin (tetapi tidak menjamin) untuk membuat Layanan Kami selalu tersedia untuk anda. Kami tidak bertanggung jawab kepada anda jika untuk suatu alasan tertentu Layanan Kami tidak tersedia untuk jangka waktu tertentu.

  5. Kami tidak punya kendali terhadap Virus dan Bug
  6. Oleh karena itu, Kami tidak akan menjamin bahwa Aplikasi, Situs Web, dan/atau Sistem Kami bebas dari virus dan bug. Anda bertanggung jawab penuh untuk menyediakan perlidungan yang dibutuhkan, termasuk namun tidak terbatas pada antivirus pada perangkat anda.

  7. Hak untuk Menolak dan Mengakhiri
  8. Dalam diskresi mutlak Kami, Kami dapat, tanpa memberitahu anda terlebih dahulu dan tanpa menyampaikan alasan kepada anda, menolak Layanan Kami kepada anda, mengakhiri Akun anda, dan/atau Kami membuat proses pemeriksaan keamanan menjadi lebih lama, jika:

    1. Kami menemukan anda terdaftar pada daftar terbatas dan sanksi yang relevan atau daftar orang dengan paparan politik yang relevan;
    2. Kami menemukan Penerima anda terdaftar pada daftar terbatas dan sanksi yang relevan atau daftar orang dengan paparan politik yang relevan;
    3. Kami menduga dengan alasan untuk dipercaya bahwa anda terlibat dalam aktivitas illegal yang termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang dan operasi terorisme;
    4. Kami menduga bahwa Akun Transfez anda digunakan oleh pihak lain;
    5. Kami diminta oleh Pejabat Pemerintah untuk menahan atau menolak transaksi dan/atau mengakhiri akun anda.
  9. Kebijakan Privasi. Mohon melihat Kebijakan Privasi Kami. Kebijakan Privasi Kami harus diartikan sebagai satu kesatuan dengan Perjanjian ini. Pasal 1 Sub-Klausula iii Perjanjian ini akan berlaku pada Kebijakan Privasi Kami.
  10. Tidak ada Pengalihan Hak dan Kewajiban Tanpa Persetujuan: Hak dan kewajiban anda di bawah Perjanjian ini tidak dapat di alihkan kepada orang lain, kecuali Kami telah meneyetujuinya secara tertulis.
  11. Keterpisahan: Jika ada pasal dalam atau bagian dari Perjanjian ini, yang dinyatakan oleh pengadilan atau otoritas kompeten lainnya untuk dibatalkan, ilegal, atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku, pasal atau bagian tersebut tidak akan dianggap sebagai bagian dari Perjanjian dan seluruh bagian atau pasal lainnya akan tetap berlaku.
  12. Bahasa yang Mengatur: Perjanjian ini telah dipersiapkan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Apabila terdapat konflik diantara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia dari Perjanjian ini, versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku untuk seluruh tujuan dan menggantikan semua perbedaan pada bahasa.
  13. Penyelesaian Sengketa: Seluruh sengketa antara anda dengan Kami yang timbul dari Perjanjian ini akan diselesaikan di kantor administratif Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, Anda dan Kami setuju bahwa kita akan melakukan segala cara yang diperlukan untuk menyelesaikan sengketa secara damai,
  14. Kebijakan Pembatalan: Anda setuju bahwa anda tidak dapat membatalkan Perintah Transaksi setelah anda membayar jumlah yang tepat ke Akun Bank yang dituju pada Instruksi Pembayaran. Oleh karena itu, Kami mengingatkan anda untuk melakukan pemeriksaan ulang terhadap Perintah Transaksi yang anda buat sebelum anda membayar ke Akun Bank yang disebutkan dalam Instruksi Pembayaran.